Cara Ampuh Modifikasi Motor RX King

Cara Ampuh Modifikasi Motor RX King – Apa kabar para pecinta dunia otomotif, di kesempatan yang baik ini kami ingin memberikan sedikit informasi tentang modifikasi motor RX King. Sebagaimana kita tahu bahwa RX King adalah motor 2 Tak dari Yamaha yang sangat terkenal di tahun 90-an. Meski sudah cukup berumur, motor RX King ini masih memiliki tempat tersendiri di hati pecinta motor 2 Tak.

Kembali ke topik utama pembicaraan yaitu tentang modifikasi motor RX King, modifikasi yang kami maksud adalah modifikasi motor RX King di bagian mesinnya saja atau penambahan performa bukan pada bagian tampilan motor. Adapun bagian-bagian mesin yang bisa di modifikasi adalah sebagai berikut.

Advertisement

Kepala silinder

Untuk menambah kecepatan motor, anda bisa menambah perbandingan kompresi dengan cara memadatkan pemampaqtan pembakaran dengan cara mengurangi volume ruang bakar dengan cara di bubut. Karena yang di manfaatkan adalah pengurangan ruangnya saja maka anda hanya perlu memotong kurang lebih 1 sampai 1,5 mm saja. Bentuk kubah bisa anda sesuaikan ke bentuk standar dengan diameter 58 mm dengan lebar squis 12 mm, nut 0,5 mm dan derajat kemiringan squis 14 derajat. Untuk mendapat hasil yang sesuai dengan cara di atas maka kami sarankan untuk mencari tukang bubut yang profesional yang biasa membubut untuk modofikasi motor RX King.

 

Cara Ampuh Modifikasi Motor RX King

 

Blok silinder

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah mengorek celah silinder blok karena di situ terdapat celah transfer Exhaust. Perlu anda ketahui bahwa motor RX king memiliki 2 generasi yang di bedakan oleh kode produksi yaitu kode Y untuk generasi awal dengan kode produksi Y-1 hingga Y-4, kemudian YP untuk generasi baru dengan kode produksi YP-1 hingga YP-4. Perbedaan dari kedua kode produksi di atas terletak pada diameter celah transfer dan buangan kode Y lebih besar dari pada YP. Celah transfer YP lebih kecil ukurannya maka anda bisa mengikisnya 1 mm, sedangkan celah transfer Y hanya bisa anda lakukan dengan menghaluskan kulit jeruknya saja.

Ada 2 cara yang bisa di buat untuk memperlancar gas buang dari celah Exhaust, yang pertama adalah dengan mengikis dinding celah buangan tahap atas atau yang biasa di sebut pengurangan tinggi lubang. Untuk kode Y anda bisa mengikis kurang lebih 1 mm sedangkan YP 2 mm, jangan lebih dari itu karena jika lebih maka motor akan tidak bagus karena torsinya bergeser ke putaran tinggi. Anda wajib menggunakan Rpm tinggi tapi bukan untuk balap dan usahakan model lubangnya tetap seperti bawaan motor.

Langkah yang kedua adalah dengan memperlebar celah ke kanan dan kiri, namun cara yang satu ini beresiko tinggi karena ring piston bisa tersangkut di bibir lubang dan menyebabkan ring patah akibat pembesarannya yang terlalu besar.

Knalpot

Knalpot sangat memiliki peranan penting pada mesin 2 Tak karena hampir 30% tenaga 2 Tak di tentukan dari knalpot. Kami sarankan anda menggunakan knalpot 3V3 yang sudah ternama karena pipa silincer yang tanpa sambungan serta dimensinya yang lebih singkat dari pada knalpot lainnya. Itulah yang menyebabkan pipa gas buang ini mengutamakan akselerasi. Ada banyak merk knalpot yang bisa anda beli mulai dari knalpot pabrikan sampai buatan tangan yang di beri harga berkisar  Rp 200-250 ribu saja.

Reedvalve dan karburator

Langkah berikutnya adalah memaksimalkan part pengabut bensin dengan mengadaptasikan Reedvalve atau membran dan karburator. Anda bisa menggunakan part standar dan atur tinggi stoper membran 10 mm. Berikutnya tinggal mengorek karburator dengan cara mengganti karburator bawaan RX King yaitu Mikuni VM 26 dengan menggunakan karbu dari Kawasaki Ninja PWL 26 yang venturinya sama yaitu 26mm. Bila masih kurang, anda bisa menggunakan karbu PE 28 agar nafas motor bisa lebih panjang.

Terakhir anda bisa mengatur spuyer dengan cara membawa jalan motor sambil membuka gas. Jika bawahnya garing itu tandanya kering, untuk memastikan lagi anda bisa mengecek kondisi busi motor apakah kering di bagian warna putihnya atau tidak. Jika iya maka pilot jet-nya harus anda besarkan lagi, namun jika pada saat motor anda bawa jalan namun mesinnya brebet, itu artinya basah dan pilot jet-nya bisa anda turunkan karena businya hitam. Lakukan terus menerus hingga mencapai 9000 Rpm sampai elektroda busi memerah.

Silahkan anda baca juga ya : Cara Jitu Modifikasi Motor Yamaha Jupiter MX

Nah demikianlah sedikit tips untuk menambah performa motor RX King yang bisa kami bagikan, semoga bisa membantu anda dalam memodifikasi motor.

Incoming search terms:

  • cara bikin kopling kanan rx king
  • cara membuat kopling kanan rx king
  • tinggi lubang buang rx king standar
  • cara modifikasi rx king
  • cara menghaluskan lubang in dan ex king
  • cara memasang rpm rx king
  • cara memadatkan kompresi motor rx king
  • cara buat kopling kanan rx king
  • ukuran standar tinggi lubang bilas rx king
  • cara bikin kopling king kanan
Cara Ampuh Modifikasi Motor RX King | marno | 4.5