Kelebihan dan Kekurangan Pada Mesin DOHC

Kelebihan dan Kekurangan Pada Mesin DOHC – Bersaing untuk merebutkan pasar sport 150 cc dengan New Vixion Linghtining yang memakai engine yang mempunyai tipe DOHC dan juga CB150R street fire yang menggunakan engine DOHC. Berita tentang kedua jenis inipun menjadi mendobrak, ada juga yang bilang sohctorsinya sangat besar di Rpm yang bawah dan juga DOHC tenaganya besar di dalam Rpm yang atas, kata-kata ini benar tetapi tidak 100% benar, masih bisa menambah keterangan, jadi bukan SOHC tidak bisa gagah atau DOHC gagah di Rpm bawah, uraian ini bukan pula melibatkan jumlah noken As/Camshaft (SOHC=1, DOHC=2) tetapi berhubungan dengan rancangan disain awal, kondisi enginenya akan di manfaatkan untuk apa.

Engine dengan karakter torsi yang besar di Rpm rendah.

Engine tipe ini, pasti telah di buat menggunakan stroke yang panjang, jadi bisa juga lebih panjang lagi bisa juga lebih panjang dari borenya (Overstroke). Dikarenakan strokenya yang panjang, jadi pemberat (Crankshaft) besar, hal inipun akan berakibat besar akibatnya tehadap torsi yang di dapat.

Ukuran Borenya lebih kecil dibandingkan dengan overbore dengan kapasitas yang sama.

Jika borenya kecil, jadi ukuran klepnya juga harus kecil, maka inipun sangatlah pas dengan kondisi mesin bertoris besar, ialah besarnya kemampuan aliran udaranya lebih berpengaruh dari pada besarnya Volume yang masuk. Karena di akibatkan borenya kecil, head juga sama kecil, jadi memakai SOHC akan menjadi agak simpel dari penampilan dan juga penempatan engine.

 

kelebihan dan kekurangan mesin DOHC

 

Sesudah SOHC juga terpilih menjadi sebuah sistem untuk membuka atau tutup klep, maka akan terjadi konsekuensi. Lobe buka atau menutup bersatu dalam satu garis, sampai susah untuk mengerjakan modifikasi timing yang berasal dari noken as. Tetapi agar membantu engine Overstoke yang mempunyai torsi yang besar di Rpm bawahnya, jadi rancangan Overlap Casmharft memang di ciptakan kecil, jadi agar mengubah profil overlap harus mengganti camsharft.

Dari 2 parameter inipun (overstroke juga SOHC) memang menjadi kolaborasi yang sangat luar biasa juga untuk mesin bertorsi cukup besar yang ada di Rpm bawah, karena mempunyai banyak keunggulan, ialah:

Jika Rpm rendah jadi torsi akan menjadi lebih tinggi di bandingkan overbore, karena memang sudah di desain seperti itu, kemanpuan pada puteran yang rendah karena dampak dari camsharft cuma sedikit, di karenakan camsharft ada 1 maka bebannya sangat ringan selain itu juga rantai yang di pakai pendek. Bila suhu pada klep lebih kecil dan torsi juga sudah memadai bagi rpm yang rendah, jadi secara langsung penggunaan bbm akan sangat irit.

Jadi jika tidak mendahulukan power dari Rpm yang tinggi, jadi kemampuan atau tenaga setiap klep tidak usah terlalu tinggi karena tidak akan mengkhawatirkan menjadi floating pada bahan klep sampai mengurangi kerugian tenaga karena crankshaft juga akan bekerja dengan berputarnya noken as maka mendorong klep melawan tenaga perpegas. Bahkan rancangan inipun, jadi memacu berpotensi kerugian yang akan di dapat jika berjalan pada rpm yang tinggi. Di karenakan ukuran klep yang kecil, jadi VE menjadi melemah dengan menambahnya tingkat Rpm.

Jadi rancangan overlap camshaft yang kecil dan juga sudah deal, jadi tidak akan efisien memberi cahaya scavenging hingga membantu memperkecil VE pada tegangan yang tinggi, dari angka 1 dan juga 2 menjadikan sebuah tenaga di Rpm tinggi akan menjadi lebih menurun sampai memperlambat akselerasi

Perpaduan bore yang terlalu kecil dan juga SOHC mengubah posisi klep in dan ex menjadi lebih besar, dan di tambah kekerasan jari perklep yang tidak mencukupi, mungkin klep akan selalu bergesekan menjadi besar pada Rpm yang tinggi dan juga itu yang terjadi antara piston dan klep. Di karenakan storke panjang jadi batas rpm maksimalnya sangat rendah (yang di halang piston speed maksimal) sampai rap yang di dapat menjadi sangat rendah. Maka sebuah mesin bervolume sangat besar di Rpm makan tidak semata-mata karena SOHC, karena di sebabkan rancangan awalnya, memaksimalkan volume di rpm bawahnya.

Sebuah Engine dengan karakter power yang besar di rpm tinggi.

Jika anda mau mesin yang dapat bekerja dengan optimal di dalam Rpm yang tinggi, jadi sebuah mesin overbore menjadi cocok untuk kegunaan ini. Bentuk storknya pun pendek, sampai crankshaft, beratnya tidak ada, sampai memacu pendapatan topspeed di dalam rpm tinggi. Bahan stork yang pendek juga bisa memungkinkan mesin mempunyai potensi Rpm yang sangat tinggi pada ciri piston speed maksikalnya. Jadi borenya lebar, maka luas klepnya besar dan juga hal inipun pas agar mengoptimalkan Ve di dalam rpm tinggi. Jadi Karena borenya lebar, pengaplikasian DOHCpun akan lebih mudah.

Sesudah memilih DOHC menjadi sebuah sistem untuk buka tutup klep in dan ex, maka resiko yang di tanggung ialah :

Bobot camsahft semakin menjadi sangat berat.

Noken as menjadi panjang dari poin yang 1 dan 2 memberi peningkatan kekurangan tenaga pada cranshaft di karenakan memutar 2 buah noken as yang sangat berat dan juga rantai yang panjang yaitu pada rpm yang rendah. Kekurangan gesekan yang menjadi besar dikarenakan sebagian besar dari sebuah sistem DOHC tidak memiliki bering di noken asnya.

Sangat Sulit untuk mengatur menyetel kerenggangan klepnya, karena menggunakn sim tapped.

Maka ialah beberapa penurunan ketika memakai DOHC di karenakan rpm yang rendah dan tetapi DOHC yang di gandakan dengan sebuah mesin overbore, mempunyai kelebihan ketika berjalan dengan Rpm yang tinggi. Dengan memakai DOHC jadi ruang klep bisa di perkecil lagi sampai memperkecil sebuah gesekan pada klep.

Karena sebuah lobe in dan juga ex posisinya terpisah, jadi akan sangat gampang untuk menyetel seberapa besar overlap noken as agar meningkatkan Ve untuk memanfaatkan efek scavenging pada Rpm yang tinggi, sampai tenaganya menjadi tinggi di Rpm, maka tenaga yang besar terdapat Rpm yang tinggi di akibatkan oleh pengaplikasian DOHC tapi sangat lebih meninggalkan gabungan antara DOHC dengan sebuah keperibadian engine yang overbore.

Demikianlah sedikit artikel yang bisa saya bagikan tentang kelebihan DOHC semoga bermanfaat untuk kalian semua terima kasih.

Incoming search terms:

  • kelemahan mesin dohc cb150r
  • kelemahan mesin dohc
  • kekurangan dohc
  • kelebihan dan kekurangan mesin dohc
  • kelebihan dan kekurangan DOHC
  • keuntungan dan kekurangan DOHC
  • Kekurangan mesin dohc
  • kelebihan dohc
  • kekurangan utama mesin sohc
  • mesin dohc
Kelebihan dan Kekurangan Pada Mesin DOHC | marno | 4.5