Tips Cara Memasang Oil Cooler Motor Dengan Benar

Tips Cara Memasang Oil Cooler Motor Dengan Benar – Untuk perawatan pada sebuah sepeda motor memang sangat benar-benar di perhatikan. Oleh karena itu tentu dengan kita selalu merawat motor pun akan selalu terjaga baik dari segi performa dan juga kondisinya. Sebab itu untuk kita yang sebagai pengguna kendaraan sepeda motor mesti rajin-rajin merawat motor kita, apalagi bagi anda yang sering mengikuti acara touring dengan jarak yang jauh.

Tentunya jika motor yang sering dipakai akan mengalami beberapa perubahan salah satunya adalah motor mudah panas apalagi motor kita sering digunakan di jarak yang jauh. Agar performa dan kondisi motor kita tetap stabil kita harus rajin mengontrol keadaan mesin kita. Oil cooler yaitu komponen tambahan yang bisa kita gunakan untuk mengatasi kendala motor yang sering panas. Untuk pemasangan oil cooler ini biasanya masih terjadi beberapa kesalahan dan juga dampaknya buruk untuk mesin motor kita. untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan bahas tentang trik memasang oil cooler motor, di bawah ini penjelasannya.

Advertisement

 

Tips Cara Memasang Oil Cooler Motor Dengan Benar

 

Cara Pemasangan Oil Cooler

untuk cara memasang oil cooler ini ada beberapa orang yang memasangnya asal-asalan tanpa melihat jalur-jalurnya terlebih dahulu. Ada yang memasang dengan cara memotong saluran oil yang masuk ke arah pendingin oil dan di buat bercabang. Oleh karena itu cara tersebut akan dapt mempengaruhi arus pelumas menuju tubuh mesin tidak maksimal.

Lalu ada juga yang memasang oil cooler dengan jalur paralel. Yang di maksud dari paralel itu adalah bisa membuat aliran arus pelumas yang berasal dari pompa itu di buat menjadi dua. Oleh karena itu untuk yang pertama adalah di buat jalur yang menuju ke bagian head silinder dan juga yang kedua di buat untuk menuju ke oil cooler yang kemudian di teruskan ke bagian bak filter. Untuk itu jalur ini arus oli yang menuju ke mesin tidak banyak dan bisa mengakibatkan pelumasan tidak sempurna dan menjadikan mesin motor cepat menjadi aus untuk komponen yang lainnya.

Oleh karena itu untuk cara yang benar adalah kita buat dengan jalur seri di mana jalur ini akan mengalirkan arus pelumas yang berasal dari pompa oil masuk ke arah oil cooler. Kemudian arus akan didinginkan dan kemudian di lanjutkan ke arah mesin. Sebab itu pelumasan yang terjadi akan maksimal dan mesin motor pun akan menjadi awet akan tahan panas.

Dalam Cara pemasangan oil cooler ini tentunya ada biaya yang mesti kita keluarkan. Adapun untuk biaya biasanya sekitar 400 ribu saja. Untuk itu pembahasan kali ini tentang tips cara memasang oil cooler dengan benar cukup sekian, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Tips Cara Memasang Oil Cooler Motor Dengan Benar | marno | 4.5