Tips Cara Memperbesar Pengapian Motor

Tips Cara Memperbesar Pengapian Motor – Normalnya komponen pengapian pada sebuah motor memiliki fungsi yang sangat penting yaitu agar motor bisa di kendarai dengan normal dan lancar. Dengan fungsinya yang penting itu terkadang membuat beberapa orang melakukan eksperimen yaitu dengan menaikkan kapasitas pengapiannya agar membuat motor memiliki tenaga yang lebih besar dari normalnya. Untuk bisa menaikkan kapasitas pengapian di atas normal kebanyakan harus di bantu oleh tenaga ahli. Padahal proses ini bisa di lakukan sendiri karena sangat mudah dan sederhana.

Pada motor yang kapasitas pengapiannya masih normal bawaan pabrik, penambahan kapasitas pengapiannya bisa di tambah dengan bantuan kapasitor 4.7 uF. Tapi anda juga bisa menggunakan kapasitor dengan kapasitas yang lebih besar apabila anda masih menginginkan tenaga motor yang lebih besar. Itu bisa di lakukan dengan syarat menaikkan ukuran spuyer agar pengapian tidak kering yang bisa membuat piston jadi bolong. Kapasitor sendiri bisa anda temukan di banyak benda elektronik yang memiliki 2 buah kaki dengan fungsi daya yang berbeda. Kaki yang berukuran panjang adalah muatan positif (+) dan kaki yang pendek adalah muatan negatif (-). Sebuah kapasitor mudah di dapatkan karena memiliki harga yang murah dan ukurannya tidak terlalu besar.

Advertisement

 

Tips Cara Memperbesar Pengapian Motor

Cara Memperbesar Pengapian Motor

 

Bagaimana Cara Memperbesar Pengapian Motor

Apakah anda tahu mengenai cara untuk menyambungkan tambahan daya dari CDI ke koil ?. Caranya dengan menyambungkan kabel CDI ke kaki kapasitor yang negatif dan kabel satu lagi di sambung ke kaki kapasitor positif untuk menyambung arus ke koil. Anda juga bisa menggunakan teknik Groud Strap yang merupakan teknik pembesaran pengapian dengan memaksimalkan fungsi koil. Caranya dengan meredam frekuensi serta distorsi pada kabel busi karena arus listrik kabel busi sangat tinggi tegangannya.

Berikut Cara Menambah Pengapian Motor :

Pertama siapkan bahan-bahan seperti kabel dan isolasi untuk mendukung proses penambahan pengapian. Jika bahan tersebut sudah siap, selanjutnya adalah proses penambahan pengapian yang bisa anda lihat di bawah ini :

  1. Bukalah bagian koil lalu lilitkan kabel tembaga pada kabel busi dengan rapat.
  2. Sebelum kabel tembaga di lilitkan, pastikan kabel sudah terkupas dari kulitnya.
  3. Buatlah dudukkan koil atau masa di salah satu ujungnya.
  4. Ujung yang satunya lagi harus di jauhkan dengan busi lalu bungkus lagi dengan isolasi.

Artikel lainnya : Tips Cara Memasang Noken As Satria FU 150 CC

Demikianlah cara sederhana untuk membuat pengapian motor jadi lebih besar, semoga bisa berguna bagi anda. Terima kasih atas kunjungannya dan baca juga artikel menarik dari kami yang lainnya.

Incoming search terms:

  • cara memperbesar pengapian cdi standar
  • memperbesar pengapian motor dengan kapasitor
  • cara perbesar pengapian satria fu 150
  • manfaat memperbesar pengapian motor satria
  • cara memperbesar pengapian fu
  • trik besar pengapian satria f
  • cara membuat pengapian fu besar
  • cara membuat pengapian besar pada motor semes
  • cara bikin pengapian motor satria fu jadi besar
  • cara bikin pengapian kering fu
Tips Cara Memperbesar Pengapian Motor | marno | 4.5