Tips dan Cara Mengganti Oli Motor Sendiri Di Rumah

Tips dan Cara Mengganti Oli Motor Sendiri Di Rumah – Mengganti oli motor adalah hal rutin yang harus dilakukan oleh para pengguna motor. Tetapi tidak semua orang mau melakukannya sendiri di rumah dengan berbagai alasan. Padahal mengganti oli motor sendiri adalah hal yang mudah dilakukan dan tidak banyak memakan waktu. Selain bisa menghemat sedikit uang, anda juga bisa menambah pengetahuan dasar tentang motor.

Mengganti oli secara teratur adalah hal yang sangat penting bagi kendaraan kita karena salah satu penyebab usia mesin pada motor kita berkurang adalah  tergantung dari rutin atau tidaknya kita mengganti oli motor. Hal ini di sebabkan bila usia pemakaian oli terlalu lama maka kualitas pelumasan pada mesin akan berkurang. Penggantian oli pada tiap-tiap motor pasti berbeda-beda tergantung dari jenis motor yang kita gunakan. Kemudian jenis oli yang bisa kita pakai pun berbeda-beda pula. Maka dari itu lihatlah buku panduan motor anda karena dalam buku itu anda bisa melihat petunjuk kapan waktunya anda harus mengganti oli.

Advertisement

 

cara dan tips mengganti oli motor sendiri di rumah

 

Dibawah ini saya akan berikan sedikit tips cara yang benar untuk mengganti oli motor anda sendiri di rumah. Adapun langkah-langkah yang bisa anda lakukan adalah seperti dibawah ini.

  1. Siapkan alat seperti wadah untuk menampung oli bekas, tang, corong, serta kunci ring untuk membuka baut tap oli dengan berukuran 12, 14, 17, dan 19 tergantung dari motor apa yang anda gunakan. Karena beda motor maka beda pula ukuran baut tap nya. Dan jangan lupa persiapkan dulu oli baru serta perhatikanlah volume oli mesin  yang akan anda gunakan.
  2. Pastikan dulu keadaan oli mesin anda masih hangat, hal ini bertujuan agar oli yang ada di dalam mesin menjadi encer sehingga mudah untuk di keluarkan.
  3. Tempatkan wadah untuk menampung oli bekas tepat dibawah baut tap. Kemudian bukalah baut tap oli yang biasanya ada pada bagian bawah mesin menggunakan kunci ring dan buka juga tutup oli mesin bagian atas dengan menggunakan tang.
  4. Gunakanlah kompresor untuk menyemprot bagian dalam mesin agar oli yang masih ada di dalam mesin bisa keluar semua. Tapi bila anda tidak punya kompresor, anda bisa menggunakan cara yang lain yaitu dengan menghidupkan mesin selama 15-25 detik saja. Mungkin cara ini agak sedikit ekstrim untuk digunakan tetapi cara ini masih aman untuk mesin anda asalkan anda jangan terlalu lama menghidupkan mesin motornya.
  5. Pada beberapa tipe motor biasanya terdapat saringan oli, bersihkan pula saringan oli pada motor anda bila ada kotorannya. Jika sudah selesai, tutup kembali baut tap oli bagian bawah mesin pada motor anda.
  6. Jika tutup oli bagian bawah mesin sudah anda tutup dengan baik dan kencang, tuangkanlah oli baru ke dalam mesin menggunakan corong atau bila anda tidak ada corong, anda bisa menggunakan benda lain yang bisa memudahkan anda untuk memasukan oli agar tidak berceceran.
  7. Terakhir, pasang kembali tutup pengisian oli pada bagian atas atau samping mesin dengan kencang dan motor anda siap untuk digunakan lagi.

Demikianlah sedikit tips untuk mengganti oli motor anda sendiri, semoga bisa bermanfaat untuk anda dan pastikan anda selalu mengganti oli motor anda tepat pada waktunya agar motor anda selalu dalam keadaan prima.

Incoming search terms:

  • cara buka baut oli mesin motor sonic
  • ukuran kunci tap oli motor honda sonic
Tips dan Cara Mengganti Oli Motor Sendiri Di Rumah | marno | 4.5