Trik Cara Mudah Menerjang Banjir Yang Aman Bagi Pengendara Mobil

Trik Cara Mudah Menerjang Banjir Yang Aman Bagi Pengendara MobilBerbicara tentang hujan pasti identik dengan banjir. Dengan hujan sebentar saja daerah sekitar sudak tertutup dengan air, kali ini kami tidak akan membahas tentang banjir. Tetapi kali ini kami akan membahas tentang bagai mana teknik cara menerjang banjir yang aman bagi pengendara mobil.

Banyak sekali para pengendara mobil yang nekat menerobos banjir yang volumenya lumayan besar. Tak sedikit mobil yang mati di tengah-tengah jalan akibat kecerobohan mereka, banyak sekali pertanyaan tentang menerobos banjir untuk kendaraan mobil agar lolos dari kepungan banjir. Kali ini kami akan berikan trik cara menerjang banjir yang aman bagi pengendara mobil. Penjelasannya dibawah ini, sebagai berikut.

Advertisement
  1. Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan yang lain

Dengan keadaan banjir tidak mungkin semua kendaraan memacu kendaraannya dengan cepat, hal ini yang harus anda perhatikan kendaraan anda di posisikan dengan jarak yang lumayan jauh.

  1. Anda harus perhatikan ketinggian air

Dengan debit air yang semakin tinggi, juga semakin besar resiko kerusakan pada mobil,  bersabarlah untuk bergantian melewati banjir. Perhatikan juga lubang masuknya udara pada mobil, semoga lubang udaranya lebih tinggi dari debit air.

 

Trik Cara Mudah Menerjang Banjir Yang Aman Bagi Pengendara Mobil

 

  1. Pastikan menggunakan putaran mesin dengan rendah

Biasanya orang menganjurkan bila ingin lolos saat menerjang banjir putaran mesin harus tinggi agar mesin tidak mati. Semua itu adalah mitos belaka. Sebenarnya bila putaran mesin tinggi daya hisap udara akan semakin besar, sehingga air yangmasuk kedalam mesin semakin banyak. Bila air terlalu banyak yang masuk sudah pasti mesin akan mati. Putaran rendah sekitar 1.500-2.000 RPM. Bila air tetap masuk kedalam mesin, kerusakan pada mesin akan lebih minim bila di bandingkan dengan menggunakan putaran mesin tinggi.

  1. Pastikan anda jangan menginjak kopling setengah

Sebisa mungkin anda melepaskan kopling. untuk menstabilkan melajunya mobil anda, bila menginjak kopling dengan keadaan setengan kemungkinan yang terjadi adalah bagian kopling akan terbakar. Otomatis mesin akan berputar lebih cepat sehingga tidak ada kesetabilan pada mesin.anda harus hindarkan yang seperti ini.

  1. Anda ikuti gelombang pada air

Bila mobil menerjang air, pada bagian depan mobil otomatis akan menghasilkan gelombang pada air sehingga pada bagian belakang mobil akan berkurang volume airnya. Hal seperti inilah yang harus anda manfaatkan untuk melewati banjir. Anda tinggal mengikuti mobil yang ada di depan anda saja tidak usah mendahuluinya, karena bila anda menguikuti dari belakang debit air lebih sedikit.

  1. Keringkan dahulu pada bagian rem

Bila banjir sudah dapat anda lewati pada bagian piringan rem sudah pasti basah, sehingga tidak dapat mengerem dengan maksimal. Pastinya ada harus lebih berhati-hati lagi, cara mengerinkannya adalah injak rem bersamaan dengan pedal gas lakukan selama kurang lebih 20 detik. Bila sudah di lakukan. Cobalah pengereman secara normal. Bila masi belum maksimal ulangi berulang kali, sampai benar-benar maksimal.

  1. Matikan bagian mesin disaat keadaan darurat

Bila sudah di posisi kedalaman yang maksimal dan mobil dalam keadaan mengambang, anda jangan panik, rasakan pergerakan mobil bila masih mampu untuk di lalui lanjutkan, bila sudah tidak memungkinkan untuk di lanjutkan dalam keadaan mobil sudah suaranya brebet-brebet hendaknya matikan mesin lebih awal, karena untuk menghindari terjadinya water hammer. Apakah anda tahu water hammer itu ? ialah mobil yang terendam interiornya dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa trik yang dapat kami berikan untuk anda semoga berguna untuk anda semua.

Demikian ulasan tentang trik cara menerjang banjir yang aman bagi pengendara mobil, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Trik Cara Mudah Menerjang Banjir Yang Aman Bagi Pengendara Mobil | marno | 4.5